Thursday 28 March 2013

ikan mati ngadepin UN

siang ini seorang teman yang masih SMA berkirim sms ke saya, sebut saja dia D, berikut ini dialog kami yang sudah diedit singkatannya beserta translatenya untuk bahasa yang agak njowo :

D : "mas, sebelum e aku minta maaf ya. aku bisa pinjem uang 2.800 (2,8jt) gak mas? 
ada keperluan buat beli jawaban mas. jujur-jujuran aja mas, aku udah bingung e mau minjem ke siapa. nanti habis UAN, insyaalloh pasti langsung tak kembalikan.
uangnya buat sabtu, kalo gak ada segitu ya 1 jt aja lah :D "
ebuseeeet anak seumuran itu udah main-main sama duit 2,8 juta. dipake buat gak bener pula. kaget melihat sms yang begitu nekat dan frontal itu, saya jawab dengan seenaknya.

Saya : "gak duwe jeh, laopo beli jawaban? takut ga lulus? aku aja engga

D : "temen-temenku mas tuku, aku cuma nguruni uang aja. kurang itu uang e. aku mbantu ajalah. kasian e mereka takut sama 20 paket" 
(teman-temanku yang beli, aku cuma nambahin uang saja. kurang segitu uangnya. aku mbantu sajalah. kasihan mereka, takut sama (soal ujian) 20 paket).


Saya : "ga usah diladeni, masih SMA udah belajar ga bener, gimana ntar kalo jadi pejabat?" 

nahlooo saya mulai keras :))

D : "nah iya se mas, tapi ya kasihan aja temen-temenku. aku cuma khawatirin "solidaritas" itu lho mas.
btw, umpama aku pinjem ga buat beli jawaban gitu mas mau minjemin? :D "
nahhh ini nih..ngakunya sadar tapi masih ngerayu..pake alasan solidaritas pula...*geleng2*

Saya : "tetep ga mau minjemin, lha aku ga punya duite nduk.
ga ada solidaritas dan tolong menolong dalam perbuatan buruk.
wa ta'awanu alal birri wattaqwa, walaa ta'awanu alal itsmi wal udwaan."
saya sertakan secuplik isi dari surat Al-Maidah ayat 2, dan pengakuan soal keadaan perduitan saya (curhat dikit boleh yaaah) :D

D : "itu yang aku bingungkan mas. judge yang sebenernya gak pada tempatnya itu yang buat aku gak ngeh dengan pemikiran mereka.
mas, salah ta aku ikut-ikutan gitu?. niatku ya cuman bantu materi"

Saya : "salah. ingetin mereka dengan alus, tolak dengan tegas. setelah itu terserah mereka. mau nyemplung jurang atau mau bungee jumping mah biarin aja. tugasmu mengingatkan dan menolak udah gugur."

D : "udah mas. tapi tetep aja ya aku kalah sama mayoritas temen-temenku. mereka gak mau ambil resiko gak lulus. segala cara dicoba. aku mengikuti arus saja wes. aku pasrah :("

Saya : "hanya ikan mati yang berenang mengikuti arus."
jawaban singkat dari saya. saya tidak ingin berdebat dengannya. dan diapun  sepertinya tahu itu.

D : "jleb lho itu mas. sumpah..aku udah terlanjur nyemplung kesana. aku juga takut mas, tapi aku juga gak ngandalkan jawaban-jawaban itu. 
aku dewe bimbang, tapi mau gimana lagi. semua gak siap, begitu juga aku mas :(
jujur aku gualau antara beli dan tidak."

Saya : "wis pede ae , ra usah tuku ."
(sudah, pede aja, gak usah beli (soal))

D : "wis kadung melu se..hehe..aku sakno arek-arek mas. dadi duitku tak utunin kesitu :(" 
(sudah terlanjur ikut sih..hehe...aku kasihan teman-teman mas. jadi uangku aku sumbangin kesitu)

Saya : "alahh..mbuh wis. tugasku wis gugur. aku wis ngelingno. dosa ditanggung dewe yah."
(alaahhh gak tau lah. tugasku sudah gugur. aku sudah ngingetin. dosa ditanggung sendiri yah)

D : "aku bingung mas wis kadung melu pisan :(
hufft..apa yang harus aku lakukan.."

Saya : "yang harus dilakukan? tarik duitmu, ingetin mereka dengan halus dan tegas.
udah itu aja."
setelah sms terakhir itu saya cuman bisa berdoa semoga dia dan teman-temannya disadarkan oleh Alloh SWT.

untuk diketahui, D bersekolah di sekolah favorit di kota/kabupaten saya. D juga mengikuti bimbel diluar jam sekolahnya. namun begitu, tingkat kepercayaan dirinya saya pandang masih terlalu kecil.
saya yakin D tahu betul apa yang dilakukannya adalah sebuah kesalahan. namun untuk menolaknya, D masih ragu. 

sepertinya ada yang salah dengan sistem pendidikan di negara saya ini. 
setiap siswa takut tidak lulus UN. seolah-olah tidak lulus UN sama dengan mati. terlebih lagi ketika mereka berada di sekolah "favorit". ada beban bernama "nama baik sekolah" yang ditanggung siswa, sehingga kelulusan UN adalah sebuah harga mati. 

sejak dini harusnya ditanamkan bahwa UN adalah sarana penguji kemampuan siswa, bukan sarana pelulus. sehingga UN bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran di SMA melainkan penguji untuk naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

sekian opini saya. banyak hal yang belum saya ketahui.
semoga Alloh SWT mengampuni dan menyadarkan saya, mereka dan yang mengamini doa ini.

10 comments:

  1. mas, mas ... kalo aku minjem duit segitu buat biaya nikah, dikasih engga? :3

    ah saya dulu aja ga becus soal fisika dan ngebiarin jawabannya ngawur alhamdulillah lulus.

    Sebenernya yg takut itu gurunya lho, berat banget buat mereka 'ngebiarin' anak didiknya ga lolos ujian. Makanya ada yg sampe nyuruh anak sekelasnya buat saling nyontek -__-
    Sementara kurikulum sekolah masih berubah-ubah, saya kurang percaya sama didikan sekolahan jaman sekarang. Orientasinya belok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga dikasi,lha wong aku belom punya segitu je :P

      weww...aku dulu ga becus akuntansi...alhamdulillah pas UNas gak kebagian soal Akuntansi...jadi aku lulus dehh *ups*

      nahh ituuuu..udah mulai kena pengaruhku yahhh..ahahahahahah
      trus ntar anaknya tetep disekolahin atau pripun Ver?? *mbayangno kalo punya anak*

      Delete
    2. ah... aku ga dibantuin...
      hahaha... IPA kok ada akuntansi... *IPA kan? #konfirmasi#

      aku lagi tertarik sekolah alam~
      yang pasti aku ingin ngarahin anak(-anak)ku nanti sesuai bakat dan minat mereka, jadi ya cari sekolah yg memang acuannya mengembangkan potensi mereka~
      kalau aku pinter dan cerdas, mungkin gamau nyekolahin anakku :))

      Delete
    3. hiahahahahah...aku IPA....*gubraks*..dan itulah mengapa aku milih IPA...takut sama Akuntansi :)

      nahhh itu ada mas Dik Doank yg bikin sekolah alam.....
      ewww...*mbayangin*....dirimu kan pinter dan cerdas ngunu Ver :) anaknya dididik dewe wae...dikenalkan sekolah cuman buat tempat berteman wae...
      trus kalo buat ijazah sih sebenernya tinggal ikut ujian paket kan yah?? *gampangnya*
      macem sekolahnya PPPA Daarul Qur'an...mereka ngejar ijazahnya dengan ujian persamaan a.k.a ujian paket :D

      Delete
    4. sekarang udah lumayan banyak sekolah alam~
      ponpes memang bagus, tapi kok ga tega je... *akibat-ga-biasa-disiplin -__-

      hahaha... aku masih butuh bodoh, masih suka nanya-nanya juga...
      nanti anakku dikasih pondasi aja~
      di luar sana pasti banyak orang-orang hebat :D

      kalau sekolah buat sekedar nyerap akademik yaa kursus2 juga jadi, toh? cuma ga dapet ijazah sama gelar aja~

      Delete
    5. *manthuk2*
      nah ya itu tadi..gelar sama ijazah kan bisa didapet dari ujian persamaan dan sekolah di Universitas Terbuka yg konon ikut ujian doank udah bisa lulus :D

      Delete
  2. jiaah....jamanku mbiyen kok ndak ono ya????opo pancene aku sing kuper yo???

    ReplyDelete
  3. aaahhh jadi inget lagi dengan kiasan "pilih jadi batu, ikan salmon, atau kotoran"


    ReplyDelete
    Replies
    1. weww..aku malah baru tau ada istilah itu...
      sek sek...tak bayangin artinya yak :D

      Delete

"berkatalah yang baik atau diam"