Friday 17 August 2012

pilih-pilih rumah baru

setelah dapat pengumuman gusuran dari satpol-MP maka mau atau nggak, saya harus segera menemukan rumah baru untuk menampung segala macam file dan postingan saya di MP. meskipun begitu sampai sekarang saya masih belum memindahkan satu post pun. saya harus memilih 1 gratis diantara banyaknya lahan gratis yang tersedia. berikut ini beberapa lahan gratis tujuan pindahan yang saya tahu dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing :


Google+ & Blogspot 
beberapa fitur G+ diantaranya :
- upload foto  tidak terbatas dengan jumlah album tidak terbatas pula (space gratis untuk gambar yg otomatis disimpan di http://picasaweb.google.com/home adalah sebesar 1024 MB) ;
- space gratis untuk menyimpan file (Google Drive) sebesar 5 GB ;
- space gratis untuk email (Gmail) sebesar 10 GB ;
- kompatibilitas penuh dengan browser Chrome yang biasa saya pakai ;
- terintegrasi langsung dengan layanan google lainnya seperti : gmail (email), blogspot (blogging), Gmaps (peta), Google Docs (hosting dan editing dokumen), Youtube, dan layanan google yang lainnya.
sejak pertengahan ngeMPi, Blogspot sudah menghost mirror-post saya sejak pertengahan waktu saya ngeMPi. dengan didukung social media dari google+ semestinya Blogspot menjadi pilihan utama saya, tapi hal itu belum saya lakukan mengingat kebanyakan contact MP tidak hidup disana.

Wordpress
penyedia jasa yg satu ini powerfull menurut saya, cuman untuk free user dari dulu (mungkin sampai sekarang) themenya tidak bisa diedit (CSSnya) secara manual sebagaimana di MP, belum lagi ketika awal saya daftar dulu tidak ada fitur "follow" seperti yang sekarang. 
hey..fitur "follow" ini sepertinya bentuk apresiasi Wordpress akan kebutuhan pasar bloggernya yang membutuhkan social media juga. (sepertinya Nasper tidak berkaca pada Wordpress dan lebih memilih untuk mematikan keberadaan para blogger yang udah terintegrasi dengan socmednya sejak awal yah)

Posterous
nah, yang ini kuda hitamnya mesin blog pengganti. kemampuannya cross-posting ke Blogspot, Wordpress dan Xanga (masih eror) menjadi fitur unggulan yang menarik buat saya. buat saya posterous mungkin akan sangat berguna untuk mengupdate blog-blog saya di ketiga tempat diatas tanpa perlu bersusah-susah. namun setelah membaca link di http://blog.posterous.com/big-news, maka terbayanglah janji admin multiply.com beberapa waktu belakangan sebelum pengumuman resmi penutupan layanan blog gratis oleh mereka.
so..saya mengurungkan niat untuk mengisi posterous :| 

36 comments:

  1. Jadi, lebih condong pindah ke mana, mas?

    ReplyDelete
  2. Aku siy yg penting dah sedia kapling dimana-mana :p

    ReplyDelete
  3. nah itu aku jg udah mbak, tp msh kosong :D

    ReplyDelete
  4. @pak Iwan : msh bingung nih Pak..kykny ntar bakal punya banyak rumah :D

    ReplyDelete
  5. Btw, yg paling mobile friendly dimana ya? Buka wp dr hape koq yg kebuka hal di kompie, yo beratttt

    ReplyDelete
  6. kykny blogspot udah nyediain interface buat hp mbak (tp aku blm coba sih)

    ReplyDelete
  7. kykny blogspot udah nyediain interface buat hp mbak (tp aku blm coba sih)

    ReplyDelete
  8. Interface blognya mah dr blogspot en wp sama2 udah
    Tp untuk dashboard si pengguna yang kaga
    Biuhhh susyahhh

    Benernya, untuk interaksi pengguna (socmed) mnrt aku enakan di blogspot. Tapi buat migrasi dr mp enakan di wp.
    Hmmm apa wp buat museum aja, trus posting di blogspot en crossposting di wp ya? Sighhh

    ReplyDelete
  9. wakakakaka kykny gimanapun pilihannya tetep aja ntar crossposting deh..kan contactnya pada nyebar :(

    ReplyDelete
  10. Tp sejujurnya, ga mau miara 2 rumah, waktunya yg ga ada eui

    ReplyDelete
  11. nah ya itu..eh btw,Bupeb udah tau soal rumah yg dikembangkan sm Bu Pres?

    ReplyDelete
  12. howaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,
    jadi pak prabu pindah dmana?

    xanga blum d ulas ini..

    ReplyDelete
  13. Blum sempet maen kesana, keburu liburan. Ini onlen di hape melulu.

    ReplyDelete
  14. tips: untuk domain wordpress.com memang ada free user dan premium user, utk free user beberapa fitur dimatikan, tapi kalau punya domain sendiri dan memakai template wordpress bisa diutak atik sepuas anda

    ReplyDelete
  15. menurut yg pernah buka lewat hape, posterous.com itu lumayan ringan mbak~
    ada versi mobile-nya juga~

    coba mampir http://puritama.posterous.com/ ato punyanya kang jurig~
    cuma kayaknya non-member ngga bisa komen~

    ReplyDelete
  16. kalo mau ngulas, coba deh liat di grup ini jadi pertimbangan~
    users LN juga pada cari lapak baru~

    pernah bahas alternatif juga http://deathofmultiply.multiply.com/journal/item/6/A-possible-Alternative
    selebihnya bisa liat di jurnal, banyak banget site yg mereka bahas per-page
    kecuali posterous, kayaknya mereka ga tertarik ato gimana gitu~ *padahal-sayah-udah-usul*

    ReplyDelete
  17. akhirnya pilihan jatuh di blogspot, potonya masukin aja di flickr.com

    ReplyDelete
  18. @nak Amira : Masih jomblo nih nak belom brani milih ibu baru buat Nak Amira.. *lho?*

    @mas Taufan : nah kalo itu udah pernah nyoba, cuman yg terpikir malah biaya hosting dan domain yg gak sedikit (fotoku banyak mas) :D

    @Ve : nah itu keunggulan posterous brarti..*cateet*..ntar kalo onlen via pc kuintip linknya

    @samsi : flickr mahal masbro, setahunnya sekitar 200rb lebih kykny..kalo pake yg free cuman terbatas pada 200 foto doank

    ReplyDelete
  19. tumbLr kepriben??

    bLogspot ga bisa aplot video VIMEO yah?? cuman bisa kasih pripiu dr yuTuP doang.

    ReplyDelete
  20. tumblr bikin ngiler brader..abis liat foto2 company tour ke kantor mereka rasanya Tumblr masih akan tumbuh lebih besar lg.. Cuman ya gitu..tmn2 di MP gak banyak yg disana..

    ReplyDelete
  21. posterous ?
    klo di BS terlalu public deh :|

    ReplyDelete
  22. posterous belum ku explore dan udah ada pemberitahuan bahwa mereka diakuisisi twitter, jd suudzon ngeliat nasib tetangganya (multiply yg diakuisisi nasper dan meebo yg diakuisisi google)

    ReplyDelete
  23. iya muha,foto,video,attachment file ga ada yg nyaingin multiply

    sayang sekalski

    ReplyDelete
  24. tertarik yg ini ... *sign up*

    ga perlu ramai buat blogging hal yg bermanfaat kan ...
    kalo buat socmed, baru cari yg rame~
    dirimu kan udah ada tuiuiuit ... di sana udah rame banget kayaknya~
    IMO.

    ReplyDelete
  25. @mas taufan : nah itu yg terpikir olehku juga.. :(
    @Ve : kyknya akunnya puritama@jimel[dot]kom yah?
    Yayaya G+ emang g seberapa rame, isinya malah tmn2 tukang poto semua :D

    ReplyDelete
  26. bodo ngoprek ginian~
    dari kemaren gada kemajuan berarti~

    ReplyDelete
  27. ngoprek Blogcepot? sementara mainin cssnya aja dulu..ntar main XML kalo udah bisa

    ReplyDelete
  28. iya~
    ga masalah themenya biasa, aku pingin cepet ngimpor-ngimpor itu lho yg macet, error terus ~__~
    *pingin nulis2~

    ReplyDelete
  29. nah kan ngekspor jurnalnya bisa 1/1 kalo udah konek sama MP, ntar kalo yg repiyu bisa dipost ulang sbg jurnal di MP trus di mirror langsung ke blogspot deh..

    ReplyDelete
  30. hah, 1-1 gitu?
    kirain bisa pake tools import BS itu ...

    ReplyDelete
  31. heuheu..andai ada yg bisa bikin, harusnya sih bisa..cuman..aku gatau ilmunya :D

    ReplyDelete
  32. data postingan emang sama (sourcenya kan sama2 dr MP)
    tp cara posting dan CMS punya WP dan Blogcepot beda buanget.

    ReplyDelete
  33. jd pindahnya kemana??? ikutannnnn

    ReplyDelete
  34. aku?? ke posterous, Wordpress, Blogspot & Xanga.....semuanya bisa dilakukan dengan 1 kali crosspost via posterous...cuman untuk ke Xanga masih Eror 500

    ReplyDelete
  35. blogspot ama tumblr hohohohohog
    ama posting potoo diii instagram

    ReplyDelete

"berkatalah yang baik atau diam"