Thursday 18 February 2010

Malpraktik berjamaah..widiw..syeyemm

Bismillah..bermaksud membagi pengalaman seorang teman, semoga bisa menjadikan kita lebih hati hati.
Kemarin malam (rabu, ba'da isya) saya dan beberapa orang "bapak" berkumpul untuk ngaji rutin, cerita pun mengalir sambil menunggu waktu dimulai.
Sepasang suami-istri sepakat berpindah KB dari "spiral" ke "suntik". 4 bulan setelahnya, perut istrinya membesar. Diagnosa dari bidan menyatakan istrinya menderita "hernia". Tdk puas dgn hasil diagnosa bidan, mereka beralih ke dokter kandungan, dari dokter ini pun hasilnya tetap sama, terdapat "hernia" dan harus segera di operasi dan untuk menghindari akibat lebih buruk, disarankan operasi. Suami sempat menanyakan ke dokter, apakah tidak diperiksa lebih detil dgn USG atau yang lain, dokter tetap yakin dgn diagnosanya dan memilih untuk tidak mengikuti saran Suami tsb. 1minggu setelahnya operasi siap dilakukan di rumah sakit. Ketika operasi sudah berlangsung dan perut Istri sudah dibedah, barulah diketahui bahwa penyebab perut Istri membesar selama ini adalah Janin berumur kira-kira 4 bulan..seisi ruang operasi kaget..seketika itu operasi dibatalkan.
Ketika di konfirmasi oleh Suami, dokter menjawab (atau mungkin mengelak) bahwa USG tidak dapat mendeteksi Hernia..*jaelah..paling tdk kan tetep bisa mendeteksi kehamilan euy*
Kesimpulan : jangan buru buru memilih operasi, mintalah pertimbangan dan pemeriksaan yg lebih detil dari dokter lain.
Alhamdulillah Alloh SWT mengizinkan janin berusia 4 bulan tsb terlahirkan, tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sekarang berusia 3 tahun.


M2L 190210

2 comments:

"berkatalah yang baik atau diam"