Wednesday, 4 May 2011

[tips] menghindari penjual online (online seller) nakal

bismillahirrohmanirrohim  :)
tips ini saya buat berdasarkan pengalaman saya berbelanja online.
tips ini tidak dibuat untuk mendiskreditkan penjual online manapun karena tidak semua penjual online itu nakal ..ehehhehe

baidewei..berdasarkan pengalaman saya berbelanja online, sebanyak 6 kali hanya 1 transaksi diantaranya saja yang memuaskan, sementara 5 yang lain menyisakan ketidakpercayaan *halah bahasaku*...walaupun begitu..hasrat ingin berbelanja online masih tetap saja ada karena harga yang ditawarkan cenderung murah dan tanpa perlu susah-susah ketemu langsung dengan penjualnya :)
berikut ini tipsnya :
  • pastikan kita tahu dengan siapa kita akan bertransaksi ;
  • kalau diperlukan cobalah bertanya dahulu dengan orang yang pernah memberikan testimoni di lapak mereka, tanyakan apakah pelayanannya memuaskan atau tidak ;
  • lihat spesifikasi barang dengan detil, jangan sampai ada yang terlewat;
  • kalau yang dijual adalah barang bekas, jangan lupa menanyakan cacat yang dimiliki barang tersebut, karena barang bekas sudah pasti memiliki kekurangan dari kondisi 100% ;
  • walaupun yang dijual adalah barang bekas, tidak ada salahnya kalau kita minta garansi uang kembali apabila barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, jangan sampai ketika barang sudah ditangan baru diketahui kalau ada cacat yang tidak diberitahukan (sudah pasti pembeli yang rugi) ;
  • sebelum membeli sebuah barang, pastikan kelengkapan yang memang harus dibeli secara terpisah masih tersedia di tempat domisili kita, contoh: ketika beli kamera tua, pastikan baterainya masih ada yang menjual ;
  • hindari penjual yang berdalih memberikan potongan harga karena ada bagian kecil dari barang dagangannya yang rusak setelah terjadi deal harga. ini adalah cara penjual nakal untuk meraup lebih banyak untung, contoh : saya sudah deal membeli kamera include neck-strap seharga Rp 250.000,- tiba-tiba penjual mengkonfirmasi kalau neck-strap-nya rusak dan dia memberikan potongan harga sebesar Rp. 5000,- saja (saya belum tahu harga neck-strap), saya pun meng-iya-kan. setelah di cek ternayata harga neck-strap di pasaran minimal Rp.45.000,- dengan ini sudah dapat dihitung berapa kerugian yang saya dapat ;
hoaaaarrrrrgh (angop dengan sangat lebar)....segini dulu deh....semoga bermanfaat.....selamat berbelanja.


tambahan dari komenteer :
t4mp4h said
dan jangan ragu bikin laporan kalau dinakali OS

okeyzz said
Jadi kalau mau online shopping kudu tahu harga asli juga ya biar ga ketipu.

19 comments:

  1. happp..*kunyah-kunyah*

    piye kabar belanjaan yang kemaren kang? udah dilunasin sma mereka?

    ReplyDelete
  2. Hmm.. awas ketipu maning.. Mas Muha OS? jualan apa?


    SABUDI 'sastra budaya indonesia
    mari kita jaga bersama!

    ReplyDelete
  3. 5 yg meragukan, berarti gak usah beli dari OS.

    ReplyDelete
  4. iya Online Shopper...alias pembeli online.... :D

    ReplyDelete
  5. yang masih bikin saya tetep beli dari OS cuman keyakinan saya bahwa gak semua OS seperti itu....
    saya masih berharap bisa ketemu OS yang hampir sehebat Rasululloh ketika menawarkan dagangannya.....

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sang Pedagang..
    *nyomot judul lagu Andalus

    modal percaya masih belum bisa dipercaya di Indonesia. Jangankan online, piutang Apa aja susah diminta padahal udah setaon lebih.. *malah diribetin pelanggan ini mah

    ReplyDelete
  7. iya juga sih....
    eww..ada lagi loh.. "Muhammad si ganteng"..

    ReplyDelete
  8. ahihihihihihi....*ngikik guling2 ngeliat yg ilpil mendadak*

    ReplyDelete
  9. dan jangan ragu bikin laporan kalau dinakali OS

    ReplyDelete
  10. eitss..yang inih kelewatan belom ditambahin..ehehhehe
    tengkiyu Kang

    ReplyDelete
  11. Untungnya belum pernah dinakali penjual online, dari 3 kali transaksi selalu sukses :)

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah kalo gitu :D

    ReplyDelete
  13. Jadi kalau mau online shopping kudu tahu harga asli juga ya biar ga ketipu.

    ReplyDelete

"berkatalah yang baik atau diam"