sabtu pagi..jadwal wajib cuci motor. keadaan Jupe' udah "nggedibal poool" dikarenakan udah hampir 1 bulan gak dimandiin (yaikss..yang punya jorok), gak mungkin kalo ditangani sendiri...sayah membutuhkan jasa cuci motor....(ngeles,padahal aselinyah males & gak mau ribet)..preeettt....
abis dicuciin, masalahpun datang, kunci kontak gak bisa dicabut euy..dan mesin tetep On...wadoooohhhh....
mana tanggal merah..bengkel2 pada tutup..walopun beberapa toko spare part masih buka. dengan mesin yg gak bisa dimatiin kecuali dengan paksa (sayah akalin, masukin ke gear "terserah berapa" trus lepas kopling) dan dengan resiko motor dibawa lari maling karena kunci kontak masih nempel kyk perangko ditempel pake lem besi *halah*...saya nekat nanya harga modul kunci original (kalo beli yg imitasi takutnya kasus kunci macet terjadi lagi). lhadalaahh..lha kok spare part original untuk Jupe'MX sayah gak diproduksi pabriknya, dia nawari spare part ori punya Jupiter Z tapi masih dengan ragu karena takut jumlah kabelnya beda udah gitu harganya muahal pula. penjual spare part ngasih saran buat bongkar sendiri dan nge-cek jumlah kabel.
pulanglah sayah dengan agak bingung bin keabisan duit...*ngenes mode on*
kalo gak segera ditangani trobel motor ini bakal merembet ke bagian yg lain. dengan didorongkan kondisi dompet yg semakin tipis dan modal nekat plus pengen tahu jumlah kabel penghubung modul kunci maka sayah bongkar Jupe' dengan hati-hati.
setelah body Jupe' udah di bongkar, ketahuan kalo jumlah kabel cuman 2 biji, dari sini bisa diambil kesimpulan kalo kunci kontak berfungsi sebagai saklar, kalaupun modul kunci kontak di hilangkan motor akan tetep bisa nyala dengan hanya menyambung 2 kabel ini *maling motor mode on*.
abis dicuciin, masalahpun datang, kunci kontak gak bisa dicabut euy..dan mesin tetep On...wadoooohhhh....
mana tanggal merah..bengkel2 pada tutup..walopun beberapa toko spare part masih buka. dengan mesin yg gak bisa dimatiin kecuali dengan paksa (sayah akalin, masukin ke gear "terserah berapa" trus lepas kopling) dan dengan resiko motor dibawa lari maling karena kunci kontak masih nempel kyk perangko ditempel pake lem besi *halah*...saya nekat nanya harga modul kunci original (kalo beli yg imitasi takutnya kasus kunci macet terjadi lagi). lhadalaahh..lha kok spare part original untuk Jupe'MX sayah gak diproduksi pabriknya, dia nawari spare part ori punya Jupiter Z tapi masih dengan ragu karena takut jumlah kabelnya beda udah gitu harganya muahal pula. penjual spare part ngasih saran buat bongkar sendiri dan nge-cek jumlah kabel.
pulanglah sayah dengan agak bingung bin keabisan duit...*ngenes mode on*
kalo gak segera ditangani trobel motor ini bakal merembet ke bagian yg lain. dengan didorongkan kondisi dompet yg semakin tipis dan modal nekat plus pengen tahu jumlah kabel penghubung modul kunci maka sayah bongkar Jupe' dengan hati-hati.
setelah body Jupe' udah di bongkar, ketahuan kalo jumlah kabel cuman 2 biji, dari sini bisa diambil kesimpulan kalo kunci kontak berfungsi sebagai saklar, kalaupun modul kunci kontak di hilangkan motor akan tetep bisa nyala dengan hanya menyambung 2 kabel ini *maling motor mode on*.
dengan kondisi modul kunci kontak yang udah gak mungkin di pertahankan dan isi dompet yg udah mripiiit bin tipis alias bokek...maka saya putuskan untuk melepas modul kunci kontak dan memasang jumper sebagai ganti kunci darurat .
dengan dilepasnya modul kunci, maka kunci setang jadi tidak berfungsi, jadi motor akan dengan mudah dapat dibawa lari oleh mereka yg berkepentingan (baca: maling). alhamdulillah sayah masih nyimpen kunci cakram, jadi untuk sementara kondisi motor jadi kyk gini :
dengan dilepasnya modul kunci, maka kunci setang jadi tidak berfungsi, jadi motor akan dengan mudah dapat dibawa lari oleh mereka yg berkepentingan (baca: maling). alhamdulillah sayah masih nyimpen kunci cakram, jadi untuk sementara kondisi motor jadi kyk gini :
kalo gak dapet ujian macem gini kyknya sayah gak bakal belajar gimana asiknya bongkar2 motor...Alhamdulillah...
ntar buka bengkel sendiri aje mas...
ReplyDeleteudah cucok tuh... hihi
yg ada juga motor pada rusak sayah pretelin..haha :))
ReplyDeleteya gapapa... ntar aku bantuin promo, tapi aku ga bakal servis disitu... haha
ReplyDeletejiahahah..sales promotionnyah kok malah atut serpis ma sayah?..diskon 100% loh..bonus senyum ganteng montirnya...wkwkwkwk
ReplyDeletehahahaha.. jangan dipraktekin lagi ke motor orang tak dikenal, ya? (baca : maling motor) :P
ReplyDeletexixixixi...inggih Buuu...*manthuk2 ala maling ketangkep*
ReplyDeleteAlhamdulillah...
ReplyDeletem^.^m
ReplyDeleteck..ck..ck... padahal
ReplyDeletejik anyar...
ck..ck..ck...*geleng kepala*
sampun mayan kewut bopo...tumbase akhir 2006 kok...
ReplyDeletepasang jebakan batman, dong...
ReplyDelete*hmm... 2007, jek kinyis2 kuwi
heuheu..gimanah caranya?
ReplyDeletesayah ndak ngerti bikin gituan...
udah gak kinyis2 lagi...kan pengalaman jator berkali-kali ma sayah... :D
emang biasanya ga pernah bongkar2 motor ya mas??
ReplyDeleteemang tuh kalo ga dapet ujian pasti ga bakal belajar <-- ini like this banget kata2nya XO
oh, maksudku... switch untuk nyalakan mesin simpen di balik jok.. nah, switch yg sekarang itu jadiin jebakan, misalnya disambung ke alarm...atau terserah.. :)
ReplyDelete*mbok koyok nggandeng pacar wae
diati-ati, dieman-eman too...
tangi turu, ngelus-elus... pe turu, ngelus-elus
gyahahah..unik..unik....
ReplyDeletekynya kudu belajar perkabelan dulu inih...
matur tengkyu sarannya Bopo...
baturmalang said*mbok koyok nggandeng pacar wae
diati-ati, dieman-eman too...
tangi turu, ngelus-elus... pe turu, ngelus-elus
jiaahhh bopo ngajarinnn apa inihhh...nih ada yg belom cukup umur lohhh..ckikikikiki
belom pernah bongkar sampe perangkat permesinannya..paling banter bongkar body..
ReplyDeleteheuheu..thanks jempolnyah.. :D
bisa bongkar
ReplyDeletemasangnya?
bisa dunk..asal jgn mesinnya wae..sayah belom blajar..heuheu..
ReplyDeletebukan bekas maling khan ? :)
ReplyDeletebukan mas..ini maling wanna be..haha
ReplyDeletebukan mas..ini maling wanna be..haha
ReplyDeletebukan mas..ini maling wanna be..haha
ReplyDeleteHM ?
ReplyDeleteTRUS MOTORNY GIMANA TUH ?
GA BAWA LAGI KE BENGKEL AJ ?
Wakawaka ahli bner dah
ReplyDeletegak perlu dibawa ke bengkel..nunggu dana cair bulan depan trus beli spare-part & pasang sendiri ajah :D
ReplyDeleteckikikikiki..maling motor wannabe inih :))
ReplyDeletega takut apa ntar rusak ?
ReplyDeletenggak kok..inih cuman modul kunci kontak yg berfungsi sebagai saklar...sama aja masang saklar...simpel kan?
ReplyDeleteoh gitu toh
ReplyDeleteyasud
selamat blajar yah **lha?**
ntar klo sukses ajarin saia yah jdi maling motor **plak**
bhuekekekek....tingkyu..tingkyuuu...
ReplyDeletentar kalo udah sayah ajarin jadi maling motor jadilah maling motor yang rajin menabung dan tidak sombong...:hammer:
hahah
ReplyDeletewoke2
sip !!!!
hahahahha
wow!, great kmuha.
ReplyDeletewkwkkw..partner in crime nih critanyah....
ReplyDeletetengkhyu Kfauzy :)
ReplyDeletekalo aku juga rada males ngerawat motor, biasanya sodara yang ngurusin ini itunya., aku tinggal make aja, hehe...
ReplyDeletexixixi..dasarnyah emang saya suka, jd walopun g bisa..dipaksain bisa.. Yg aslinya males pun jd kepaksa dilakuin jg..*kalo ini krn keadaan*
ReplyDeleteaq juga bisa.
ReplyDelete*bongkarnya doang
yaah ndak mama...rejeki montir tetangga donk...abis bongkar2 trus manggil dia deehh..haha :D
ReplyDelete*membayangkan tetangga2ku,, kyk'e g ad yg montir
ReplyDeletekalo gitu sayah aja dehhhh...dijamin sepeda balik utuh..tapi ndak bisa jalan.. :))
ReplyDelete=.=" haduu terimakasi.anda baik sekali.
ReplyDeletesama2....senang bisa ngebantu...*siap2 kabur, mumpung belom ketauan kalo motornyah gak bisa jalan*
ReplyDeletelangsung k kantor polisi. "pak pol tangkep Muha!"
ReplyDeletesiapp Bu..sayah datang..*buru2 pake seragam polisi & pasang kumis palsu*
ReplyDelete